Cara Membuat Curriculum Vitae yang Baik dan Benar, Simak Ya!

Cara membuat curriculum vitae atau cv yang baik dan benar, dalam dunia kerja tentu kamu tidak asing dengan istilah CV. CV sendiri merupakan dokumen penting yang memuat riwayat hidup pelamar kerja. Seperti diantaranya data diri, keahlian, pengalaman kerja, prestasi akademik maupun non akademik serta keterampilan lainnya. Penting bagi kamu ingin melamar pekerjaan untuk mengetahui cara membuat CV yang baik dan benar. Artikel kali ini akan mengulas secara mendalam agar dokumen kamu bisa dipertimbangkan perusahaan.

 

Beberapa Tips Membuat CV Menarik
Makin sempitnya peluang untuk bekerja, seseorang harus lebih mengasah keahlian dalam bidang pekerjaan tersebut. Namun satu hal yang tidak dapat dilupakan ialah keberadaan CV atau curriculum vitae. Tidak heran jika banyak orang berlomba-lomba untuk membuat dokumen ini semenarik dan sebaik mungkin. Berikut tipsnya:

1. Mencantumkan Informasi Lengkap
Agar CV kamu terlihat menarik, sertakan informasi lengkap dan detail di dalamnya. Rangkaian informasi ini juga dapat memmperudah perusahaan untuk mempertmbangkan lamaran yang kamu ajukan. 

 

2. Menyertakan Soft Skill
Tahukah kamu apa itu soft skill? Sejatinya soft skill merupakan kepribadian, kemampuan komunikasi, serta atribut personal yang dapat mendukung dalam kesuksesan suatu pekerjaan. Kamu perlu menyertakan informasi ini ke dalam dokumen CV. 

Tujuannya untuk memperlihatkan bagaimana kepiawaian kamu dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Beberapa contoh soft skill adalah teamwork, kepemimpinan, kritis dalam berfikir, negosiasi dan lain sebagainya.

 

3. Desain Sederhana Namun Terlihat Unik
Cara membuat CV yang baik dan benar, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah mengenai desain. Pada dasarnya desain tidak harus ramai. Lebih baik sederhana namun unik. Contoh desain yang seperti ini bisa menjadi daya tarik perusahaan. 

Meskipun sederhana desain yang kamu buat tetap harus memuat informasi lengkap. Selain itu kamu juga harus memperhatikan beberapa penggunaan kata yang baik dan benar seperti menggunakan kata huruf kapital, tebal, italic dan lain sebagainya. Sehingga CV tersebut mampu mengakomodir seluruh informasi yang akan disampaikan ke perusahaan.

 

Cara membuat CV yang baik dan benar sejatinya tidak sulit. Kamu bisa memanfaatkan beberapa software atau aplikasi online. Melalui aplikasi tersebut kamu bisa berkreasi membuat desain tampilan semenarik mungkin.

Disiplin protokol kesehatan ya! Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun.
INGIN CEPAT DAPAT KERJA? JANGAN LUPA IKUTI KAMI DI SOSMED!

Baca Juga:

NB: Ingat ya, seluruh proses seleksi karyawan tidak dipungut biaya alias gratis!
Jika informasi ini bermanfaat jangan lupa bantu kami dengan cara klik "LIKE" atau "SHARE". Bagikan postingan ini kepada teman atau kerabat Anda yang sedang membutuhkan informasi ini ya, terima kasih.

HEY!, perlu diketahui bahwa saat ini Anda sedang membaca Cara Membuat Curriculum Vitae yang Baik dan Benar, Simak Ya!. Pilih jejaring sosial favorit Anda dan bagikan artikel/informasi dari kami dengan kontak atau teman Anda, jika Anda tidak memiliki jejaring sosial ini, salin tautannya dan tempel di jejaring sosial yang Anda gunakan.
Lebih baru Lebih lama

Advertisement

Advertisement